Sabtu, 05 Maret 2011

Langkah-Langkah Membuat Website




Sebelum memulai tutorial ini ada baiknya saya ulas sedikit tentang definisi website secara awam agar mudah di mengerti. Website adalah sekumpulan file berupa gambar, aplikasi, kode program dan lainnya yang di simpan di suatu tempat yang di sebut sebagai server. Server adalah sebuah komputer yang selalu hidup dan online serta bisa di akses melalui internet sehingga file2 yang anda simpan di server itu bisa di buka oleh semua orang di seluruh dunia. Untuk bisa mendapatkan layanan sebuah server, maka anda harus menyewa dari perusahaan webhosting.

Sedangkan blog atau weblog adalah salah satu jenis website juga. Perbedaan antara keduanya adalah; Website memiliki halaman yang statis. Untuk menambah suatu halaman diperlukan proses pengeditan file template website (file layout website). Setelah halaman template tersebut di edit lalu dibuatkan internal link (link yang menghubungkan satu halaman dengan lainnya). Dengan kata lain semua proses dijalankan dengan cara manual dan memakan waktu yang panjang.

Blog atau web blog memiliki halaman yang dinamis. Untuk menambah suatu halaman kedalam blog, anda tidak perlu mengedit template blog anda dan tidak perlu juga membuat internal link. Bisa dikatakan blog adalah sebuah program (software) pembuat website otomatis. Yang perlu anda lakukan untuk menambah halaman hanyalah masuk ke halaman posting untuk mengisi form isian yang berisi judul, isi posting, tags, kategori (label) lalu simpan. Saya pribadi lebih suka blog karena lebih praktis. Untuk menambah satu halaman hanya butuh waktu sekitar 1 menit (metode copas). Sedangkan untuk website butuh sekitar 5 - 30 menit dengan mengunakan metode copas.
Metode copas = metode kopi dan paste. Jadi isi posting kita ambil dari halaman lain (sudah di ketik) lalu kita tinggal kopi dan paste ke form isian posting.
Blog adalah situs web yang merajai search engine. Jika anda pernah menggunakan search engine seperti google atau yahoo, lalu anda mencari lowongan kerja misalnya. Maka hasil yang keluar didominasi oleh blog. Padahal search engine adalah sumber pengunjung website terbanyak. Nah karena alasan-alasan tersebut maka disini saya akan mengajari anda untuk membuat blog dengan platform wordpress. Kenapa harus wordpress ?

Kenapa gak pakai blogspot atau lainnya ? Faktanya wordpress adalah blogging platform terbaik saat ini. Alasannya ?
  1. Wordpress sangat mudah di optimisasi sehingga mudah menang di search engine.
  2. Template sangat bervariasi dan bagus2 penampilannya sehingga benar-benar terlihat pofesional.
  3. Plug in pendukung yang sangat banyak jumlah dan manfaatnya. 
Plugin wordpress hanya bisa digunakan secara optimal pada situs wordpress yang menggunakan hosting berbayar. Untuk situs wordpress gratisan seperti wordpress.com atau plasa.com anda tidak akan bisa menggunakan plug-in 2 tertentu. Plugin adalah sebuah kode program (biasanya file Php) yang banyak sekali manfaatnya. Pada hosting gratisan di wordpress.com tidak bisa menginstall plugin untuk memunculkan iklan pihak ketiga (mis: google adsense, kliksaya dan kumpulbloger) pada plasa.com anda tidak bisa menginstall plugin untuk SEO (plugin untuk search engine optimization/untuk menang di google, yahoo dll)
Jadi saran saya, gunakan saja hosting yang berbayar.

Hal yang anda butuhkan untuk membuat website :
  1. Domain. Adalah sebuah nama dari website anda mis: www.websiteanda.com
  2. Akun hosting. Adalah pengelola server tempat anda menaruh file 2 anda.
Untuk hosting berbayar yang baik anda bisa gunakan Rumahweb. Harga perbulan sekitar 1.000 (seribu rupiah) hingga 15.000 rupiah untuk paket personal tapi semuanya tergantung dari paket apa yang anda ambil. Tapi saya sangat merekomendasikan hawkhost. Saya sudah sekitar 2 tahun ini gonta-ganti hosting, dan hawkhost menurut saya adalah yang terbaik karena servernya super kencang dengan 16 CPU perserver dan memory besar. Benar-benar hosting terbaik yang pernah saya gunakan. Super .....

Saya menggunakan hawkhost untuk autoblogging dengan berbagai macam plugin yang berat dan terbukti hingga saat ini belum pernah servernya melambat apalagi sampai mengalami downtime. Udah deh jangan sampai ketipu dengan hosting yang menawarkan unlimited karena ada udang di balik batu. Seperti pengalaman saya waktu pakai justhost, wuih nyesel banget. Bayangkan saja setiap saya aktivekan beberapa plugin autobloging, server langsung melambat dan bahkan akun saya langsung kena suspended dengan alasan saya menggunakan resourse server di atas 10 % yang bisa mengganggu klien lainnya. Tapi itu belum seberapa, yang parah lagi ada namanya hosting24. Bener2 ketipu, janjinya uptime 99.99 %, nyatanya servernya down terus mana lelet banget lagi. Selama ini saya sudah coba beberapa perusahaan hosting lokal maupun luar negeri. Tapi sepengetahuan saya untuk lokal rumahweb adalah yang paling cepat loadingnya dan customer supportnya online 24 jam siap membantu saya jika ada kesulitan. Cuma sayang agak mahal menurut saya dengan spesifikasi seperti itu.

Mengenai pemakaian bandwidth dan space sejauh yang saya alami di hawkhost, dengan biaya hosting $ 3.95 perbulan mereka menawarkan :
  • 3 GB Disk Space
  • 30 Gigabytes of Transfer
  • unlimeted addon
  • unlimited SQL data bases
dan hingga saat ini saya baru pakai sekitar 1 GB disk space 460 MB bandwidth dengan total 41 domain weblog berplatform wordpress yang menggunakan autoblogging semua dan hingga saat ini ga pernah ada masalah.

Jadi jika 3 GB disk space tersebut di gunakan seluruhnya, maka kira-kira cukup untuk membuat sekitar 100 website tanpa perlu mengkuatirkan masalah bandwidth. Jadi buat apa pakai yang unlimited jika ternyata servernya lelet dan terlalu banyak batasan untuk memakai server resourse ?

Toh jika bandwidth 30 GB terlampaui kan tinggal upgrade aja akunnya, dengan trafik pengunjung menghabiskan 30 GB anda pasti bisa menghasilkan uang yang sangat banyak dari program google adsense. Karena pengalaman saya dengan bandwidht 10 GB saja sudah bisa menghasilkan sekitar $ 100 lebih perbulan. Saran saya, jika anda hanya ingin mencoba cara membuat website, sebaiknya anda pilih Rumahweb saja. Tapi jika anda ingin yang agak serius saran saya anda pilih hawkhost karena pada paket ini ada fasilitas unlimited subdomain dan addon. Dengan adanya fasilitas unlimited subdomain dan addon ini, maka anda bisa membuat website sebanyak yang anda mampu sebatas kapasitas space belum terlampaui (3 GB). Untuk domain berbayar anda bisa beli dengan kisaran harga sekitar antara 50.000 - 150.000 pertahun. Tapi jika ingin menggunakan yang gratisan anda bisa daftar di CO.CC:Free Domain
Dan jika anda ingin punya lebih banyak domain, anda tinggal sumbang ke co.cc $10 dan anda akan dapat 100 domain gratis. Pertama-tama daftarkan dahulu nama domain anda. Jika anda sudah mempunyai alamat domain, langkah selanjutnya adalah mendaftar hosting. Pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan anda, jangan berlebihan tapi jangan juga kekurangan karena jika kekurangan, maka anda akan kena denda oleh perusahaan hosting jika melebihi kuota.

Pada umumnya hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hosting adalah : space kecepatan loading dan bandwidth.

Space 
Adalah jumlah kapasitas hardisk yang diberikan untuk anda misal 200 mb. Jika file anda tidak banyak berisi gambar, mp3 ataupun film, anda tidak butuh space yang besar.

Kecepatan loading 
Adalah kecepatan halaman web di akses. Jika anda menggunakan hosting di server yang lambat, maka jika ada seorang pengunjung yang membuka web anda namun setelah 10 detik tidak muncul apa2, maka hampir bisa dipastikan pengunjung tersebut akan membatalkan kunjungannya. Anda pun mungkin pernah mengalaminya. Untuk mengetahui kecepatan ini, anda harus mengetestnya dahulu, namun untuk hosting terkemuka (dedicated server) hal semacam ini biasanya jarang terjadi.

Bandwidth 
Adalah semacam alokasi pemakaian saluran internet yang biasanya mnggunakan satuan mega atau giga. Pengalaman saya untuk pengunjung antara 2000-4000 orang perhari saya butuh banwidth sekitar 6-8 giga perbulan

Oke, jika anda sudah mempunyai persyaratannya, langkah selanjutnya adalah membuat website anda
1. Setting name server dari domain anda. Log in ke akun domain anda (saya asumsikan anda pakai co.cc), lalu klik manage domain lalu set up dan pilih name server.
cara setting nameserver domain

Pada name server 1 isi dengan name server yang di berikan oleh hosting anda. (mis:nsiix19.rumahweb.com) dan isi juga pada name server 2 (mis : nsiix20.rumahweb.com) lalu klik set up. Nameserver untuk tiap hosting berbeda. Yang saya kasih di atas hanya contoh saja. Setelah selesai maka butuh sekitar 1-2 hari untuk bisa membuat dikenali tempat server yang anda gunakan oleh co.cc (bila belum dikenali web anda tak akan bisa di akses)

2. Setting hosting anda. Log in ke cpanel domain anda.

Setelah anda login klik addon domains lalu isikan dengan alamat domain anda mis: www.webanda.co.cc dan lengkapi seluruh form di samping. Hal ini hanya di lakukan jika anda ingin meng addon domain anda. Tapi jika hosting yang anda daftarkan sudah menggunakan domain anda www.webanda.co.cc (pada waktu pendaftaran hosting anda memilih transfer domain), maka addon domain tidak perlu anda lakukan.

3. Mensetting wordpress.
  • Klik fantastico deluxsetting fantastico de luxe
  • Klik wordpress - new instalation.

  • Isikan username dan password anda untuk log in ke wp admin (catat dan jangan sampai hilang).
  • Isikan email anda yang aktiv. Alamat email ini akan berguna jika anda kehilangan password anda.
cara men setting blog wordpress
  • Klik Install
  • Selesai dan selamat blogging

NB :
  1. Anda bisa login ke blog anda di alamat www.namawebanda.co.cc/wp-admin/
  2. Di fantastico de-lux anda juga bisa membuat website toko online, website berbasis cms, website wikipedia dan lainnya




total komentar : | apa komentar kamu ?



Artikel Terkait


KOTAK KOMENTAR